Senin, 04 Mei 2009

BERTAFAKKUR TENTANG AIR

Oleh Muhammad Fatikhun

Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa "tafakkur" yang kita lakukan dalam waktu yang tidak begitu lama (satu jam) itu lebih baik daripada ibadah satu tahun. begitu besar makna tafakkur sampai pahalanya mengalahkan ibadah yang dilakukan dalam waktu satu tahun. mengapa demikian......? mari kita renungkan bersama-sama.
kita ambil contoh tentang air. begitu besar fungsi air bagi kehidupan umat manusia. bisa dibayangkan bgaimana jika di dunia ini tidak ada air, niscaya tidak ada kehidupan di dunia ini. atau adakah kita bisa merasakan bagaimana pedih dan sakitnya orang yang tertimpa bencana kekeringan? tanah yang subur tidak lagi berfungsi, tumbuhan tidak bisa tumbuh, hewan juga mati, bahkan manusia pun bisa mati lantaran kekeringan.
ternyata air merupakan anugerah Alloh yang luar biasa besar. namun, mengapa kita tidak pernah menyadarinya, kita lupa bahwa kita telah mendapatkan karunia yang sedemikian besar. maka sudah seharusnya BERSYUKUR kepada Alloh SWT.
demikian pula, setiap hari kita dapat melihat disekitar kita, bahwa jutaan bahkan milayaran kubik selalu mengalir. namun tidak pernah ada habisnya. air tersebut mengalir menuju satu tempat yaitu laut, namun tidak pernah tumpah.
MAHA BESAR ALLOH YANG TELAH MENCIPTAKAN SEMUANYA
oleh karena itu kita harus senantiasa bertafakkur tentang segala sesuatu, agar kita menemukan kebesaran Alloh yang pada gilirannya akan tumbuh kesadaran, bahwa kita adalah makhluq yang lemah. pada gilirannya kesadaran tersebut dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh.
Laa haula walaa quwwata illa billahil'aliyyil 'adziiim.... amiiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar